GENRE & RATING

Well, here we go.

Biarkan saya memperjelas genre dan rating apa saja yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Sambil kalian belajar (saya juga masih belajar) tentang beberapa jenis rating dan genre.

Genre adalah Gaya atau aliran penulis dalam menuliskan FF nya, bisa juga di bilang emosi atau adegan yang terkandung dalam FF tersebut.

Genre yang diHALALkan:

–     Drama: genre yang mengutamakan pada konflik emosi dan bertujuan membuat pembaca terhanyut dalam cerita.

–     Adventure: fict yang menggambarkan kejadian-kajadian yang terjadi dalam sebuah petualangan.

–     Parody: hampir sama dengan humor, hanya saja unsur lucunya terletak diakhir cerita dan tidak disangka olah kita. Parody biasanya digunakan untuk menyindir karakter, plot, bahkan realita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

–     Supernatural: bercerita mengenai kemampuan yang diluar batas manusia. Seperti sixth sense (indra keenam), kemampuan meramal, dll.

–     Sci-fi: kependekan dari “science-fiction”. Sebuah fiction yang mengandung unsur ilmiah, seperti Science dan IPTEK

–     Fantasy: fanfict yang mana author menciptakan sendiri dunianya, sebuah alternative dunia yang berada dalam legenda atau mitos zaman dulu. Biasanya melibatkan sihir, unsur mistik, atauh hal-hal supranatural. Contoh: dongeng-dongeng.

–     Family: berkisar mengenai masalah yang terjadi dalam kehidupan keluarga.

–     Hurt/Comfort: gaya cerita dimana satu karakter dirugikan (baik secara fisik maupun emosional) dan karakter lainnya harus menyelamatkan karakter yang terluka tersebut, sehingga mereka merasa lebih baik.

–     Life : Aliran atau genre ini sebenernya lebih masuk ke tipe FF kali ya? Aliran ini bukan mengenai kehidupan tapi di angkat dari kehidupan. Bisa sih kalau berupa kejadian-kejadian dalam kehidupan nyata walaupun gak mesti di angkat dari kisah nyata. Yang penting tentang hidup di dunia nyata.

–     HHJJF : Happy Happy Joy Joy Fiction, dari singkatannya jelas banget kalau aliran ini isinya supa dupa diva (?) maksudnya aliran ini isinya dari awal sampai akhir happy forever and ever dari tokohnya lahir sampe mati (bahkan mungkin gak mati-mati saking bahagianya *hahahha/slapped*)

–     Fluff : FF yang pedek, gak bermakna tapi berupa kisah sugar-sweet yang kadar romance nya di atas FF beraliran romantic lainnya.

–     HGTG (Hero Gets The Girl): Istilah ini jarang di sebut tapi ini inti dari semua jenis FF, dan ini tema mayoritas FF. Dimana di akhir cerita yang benar lah yang menang (?) oke hampir mirip cuma maksudnya si jagoan cowok di akhir akan jadian sama si cewek. Misalkan habis perang cinta segitiga di ending si cewek akhirnya jadian sama si cowok tokoh utama.

–     Bromance (Brother Romance) : Aliran ini menggambarkan rasa cinta antara saudara. Gak bisa di bilang Incest juga, soalnya kalau incest itu kan menggambarkan hubungan intim yang di lakukan antara saudara sedarah. Kalau bromance tuh biasanya bikin kita jadi brother complex atau sister complex, kayak misalkan tokoh utama ceweknya punya kakak cowok. Nah di gambarin si kakak cowok ini tuh bener-bener ngelindungin adeknya banget bahkan rela mati demi adeknya. Nah, gitu ^^b

–     Tragedy : Ada beberapa yang beranggapan angst sama dengan tragedy tapi kalau menurut kita tragedy ini lebih ke sesuatu yang bersifat kecelakaan di luar dugaan yang menimbulkan perasaan sedih dan sad-ending.

–     Mystery : Cerita ini udah jelas berisikan adegan di mana karakter utama (kadang reader) mencari tahu tentang apa yang terjadi sebenarnya melalui clue yang di beri penulis. Biasanya cerita detektif

–     Action : Aliran ini biasanya menceritakan aksi sang tokoh melawan sesuatu, menghadapi sesuatu atau menjawab sebuah tantangan.

–     Established Romance (ER) : Cerita dalam aliran ini biasanya tentang hubungan cinta kedua tokoh utama yang udah terjalin sebelum cerita di mulai. Biasanya di sebut kawin gantung (untuk cerita Indonesia yang berakhir dengan pernikahan). Contohnya perjodohan yang di lakukan sebelum tokoh lahir.

–     Love/hate : FF aliran ini emang agak-agak pasaran sih temanya, dari benci jadi cinta

–     Smut : Cerita dalam aliran ini mengandung adegan hubungan intim antara tokoh utama. Kalau udah masuk aliran ini berarti ceritanya akan masuk ke rating R/H.

Genre yang diHARAMkan:

–     Rape : Kalau kalian liat di kamus bahasa inggris, artinya itu pemerkosaan. Jadi rape itu, ya adegan pemerkosaan!

–     Sadism : Biasanya FF yang berisi adegan sex ala psycho, dalam kata lain ada adegan rape

–     Bondage : Biasanya berisi tentang adegan perbudakan gitu. Entah jadi budak sex atau budak beneran (?)

–     Grapefruit : Aliran ini secara eksplisit memaparkan adegan “EHEM” terutama rape, hampir sama kayak sadism

–     Horror : Cerita yang membawa emosi takut pada pembaca atau karakter/tokoh itu sendiri. Biasanya berupa ketakutan pada hantu, murder atau psikopat.

–     Gore : Aliran ini mengandung semua unsur aliran yang melibatkan ketegangan secara emosi seperti, angst, mystery, thriller dan horror.

–     Crime: berpusat pada hal-hal yang dianggap criminal (kejahatan)

–     Poetry: fanfict yang dikemas dalam sebuah puisi.

–     Angst: fanfict yang melibatkan tingkat kecemasan tinggi dengan permainan emosional, fisik dan mental. Biasanya berakhir sad ending.

–     Thriller : Untuk jenis ini lebih focus pada emosi para pembaca, beda dari mystery yang lebih focus pada pemecahan masalah. Biasanya adegannya di penuhi kejutan dengan alur cepat dan melibatkan ancaman fisik karakter. Beda juga dari angst yang lebih focus pada siksaan, alur ini lebih focus dengan bagaimana cara karakter melalui berbagai ancaman tersbeut.

Rating adalah Pemberitahuan pada pembaca, tahap umur mana yang sesuai untuk membaca tulisan tersebut. Biasanya sesuai dengan MPAA (Motion Picture Association of America) atau dengan FictionPress.

Rating yang diHALALkan:

–     G : General Audience, FF ini mencangkup semua umur. Gampangnya, kalau di Indonesia di sebut SU. Berarti cerita ini tidak mengandung hal yang menurut pandangan orangtua berbahaya, bahkan untuk anak terkecil sekalipun.

–     K : Kids, berarti FF ini bisa di baca oleh anak kecil

–     T : Teen, FF ini menceritakan kisah para remaja dan agak-agak kurang pas kalau di baca sama anak-anak yang belum masuk kategori remaja.

–     PG : Parental Guidance Suggested, beberapa hal mungkin gak sesuai untuk anak tapi setidaknya gak melebih batas wajar.

–     PG-13 : Parents Strongly Cautioned, kalau udah ada umur yang tercantum berarti banyak hal yang gak sesuai sama anak di bawah 13 tahun. Dan biasanya udah sedikit menjuru pada kekerasan atau adegan-adegan yang agak intim atau kalimat-kalimat agak seronoh.

–     Kleenex Warning : (Kleenex itu sebenernya merek tissue) Ini peringatan dari penulis untuk reader karena FF nya bakalan banget-banget sedih, jadi pembaca harus siap tissue di tangan buat ngusap air mata.

–     Non-Consensual : Warning ini di berikan kalau FF nya mengandung adegan rape. (untuk lomba, harap adegannya tidak diperinci dan diperjelas. Apalagi dikasih gambarnya)

–     Non-Canon : Warning untuk FF yang isinya bertentangan dengan asli nya atau dunia nyata. Berarti kategori alternative universe masuk ke dalam kategori ini.

–     Spew Warning : Peringatan ini biasanya ada di FF yang tingkat lucunya kelewatan batas, jadi di harapkan pembaca tidak minum atau makan selama membaca karena dia akan menyemburkan yang ada di mulutnya karena tertawa.

Rating yang diHARAMkan:

–     M : Mature, cerita untuk orang-orang yang udah berpikiran dewasa.

–     A : Adult, udah pasti untuk dewasa dan biasanya bahasa yang di gunain agak berat dan bikin otak berfikir keras.

–     H : Hardcore, kalau gak salah sih itu kepanjangannya hohohoho. Kayaknya tanpa perlu di kasih tahu udah pada ngertilah ya seberapa parah.

–     NC – 17 : NO CHILD, No One 17 and Under Admitted berarti yang belum masuk kategori remaja ke atas di larang untuk membaca apalagi tanpa bimbingan orangtua. Kadang FF yang berating NC membuat seseorang jadi dewasa sebelum waktunya tapi kadang juga membawa efek negative yaitu mengetahui sesuatu hal yang harusnya di ketahui beberapa tahun lagi. Biasanya yang mulai masuk rating ini 17 – 21 tergantung berat FF tersebut, kalau ratingnya NC – 17 berarti gak boleh ada anak di bawah 17 tahun yang baca, apalagi kalau 21. Walaupun umurnya udah 20 tapi dalam peringatan HARUS 21 jadi sabar aja ya kalau umur kalian baru 21 tahun depan atau bulan depan hohoho. Oh iya, rating NC paling rendah 17. Gak ada ya rating 16 apalagi 15, apalagi kalau mengandung kekerasan dan adegan s***. Minimal harus 17 tahun.

–     BDSM (Bondage Sadism) : Warning untuk FF yang mengandung unsure bondage dan sadism

–     Slash : Peringatan untuk FF percintaan sesama jenis. (karena lomba bukan mengusung tema YAOI, maka rating ini tidak diperbolehkan.)

Cre: Hanakimchi nuna

6 responses to “GENRE & RATING

  1. Ping-balik: BINGGEY FF COMPETITION!! « blinggey·

  2. Ping-balik: Genre dan Rating FF | Blue Miracle·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s