A little tips from Blinggey

Sebenarnya saya baru menulis FF sekitar dua bulan yang lalu. Bisa dibilang saya masih pemula. Jadi beberapa tips yang saya sarankan dibawah berdasarkan pengalaman saya selama menulis FF. Bukan berarti saya adalah author yang sudah expert karena berani memberikan tips menulis FF. Saya hanya ingin berbagi pengalaman saya menulis FF dalam bentuk tips.

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis FF:

  • Tata bahasa

Pilihlah tata bahasa yang formal tapi ringan. Jika bukan FF bergenre komedi sebaiknya jangan menggunakan kata yang tidak baku. Agar reader yang membaca merasa nyaman dan dapat menikmati alur cerita dengan baik.

  • Tema

Tema cerita yang akan diusung sebaiknya berbeda dari author yang lain, agar isi cerita menarik untuk dibaca dan membuat reader penasaran. Jangan pilih tema yang terlalu standar. Karena reader akan dapat menebaknya dari awal cerita, sehingga reader akan merasa bosan ditengah-tengah cerita.

  • Alur cerita

Alur cerita yang baik tergantung pada setiap genre. Untuk genre komedi dan horror, akan lebih baik jika laur ceritanya naik turun. Maksudnya adalah menempatkan beberapa klimaks pada cerita. Dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam menulis FF bergenre komedi dan horror, karena dituntut untuk menggambarkan banyaknya adegan yang membuat reader penasaran. Jika genre selain komedi dan horror, cukup menempatkan satu klimaks diakhir atau ditengah-tengah cerita. Tetapi jika ingin menempatkan klimaks di tengah cerita sebaiknya itu adalah FF Oneshoot.

  • Gambaran cerita

Usahakan agar mendeskripsikan setiap suasana dengan detail. Seperti benda apa yang dipegang, apa yang dirasakan, dan lain sebagainya. Jangan terlalu terburu-buru, tidak masalah FF akan menjadi panjang karena banyak menggambarkan suasana. Justru reader akan lebih terbawa cerita dan tidak akan kebingungan.

  • Judul

Judul yang dipilih janganlah judul yang standar atau terbilang norak. Jika FF komedi tidak masalah mengambil judul yang agak norak. Judul dan tema harus berhubungan. Dan judul pun jangan terlalu menggambarkan isi cerita agar reader tidak langsung dapat menebaknya saat membaca judul.

  • Sudut pandang

Perlu diperhatikan dari sudut pandang siapa yang menyampaikan cerita. Akan lebih nyaman jika mengambil dari sudut pandang main cast. Jangan lupa selalu mencantumkan nama dari sudut pandang penyampai cerita diatas cerita. Misalnya, Author POV, Minho POV, Jinki POV, dll. Tebalkan tulisannya atau tulis dengan huruf besar semua.

  • Penggunaan tanda baca.

Penggunaan tanda baca sangat penting. Dengan penggunaan tanda baca yang baik dan benar akan menuntun reader dalam membaca.

  • Format FF

Jangan lupa mencantumkan format FF diatas/ sebelum cerita. Seperti siapa saja Main cast dan support castnya, Genre, Rating, Author (nama penulis), jenis FF, dan panjangnya FF.

 

 

Beberapa tips saat mencari inspirasi:

  • Banyak membaca buku, Koran, mendengarkan berita.

Hal ini ditujukan untuk menambah wawasan kita agar mengetahui tata bahasa yang baik dan benar, dan pemilihan kosakata yang baik. Dengan begitu perbendaharaan kosakata kita akan semakin kaya.

  • Membaca komik, menonton Film.

Jika kalian adalah pembaca komik maka tidak akan kesulitan menemukan ide-ide cerita yang menarik untuk FF kalian. Tapi jika kalian bukan termasuk pembaca komik, maka untuk mendapatkan ide-ide menarik sebagai reverensi FF adalah dengan menonton Film. Bukannya tidak mencintai produk dalam negeri, tapi Film dari luar akan memberikan ide-ide yang lebih fresh.

  • Menonton sinetron dan Sitkom.

Jika ingin membuat Ff komedi, menonton sitkom dan sinetron akan sangat membantu memberikan ide. Karena ceritanya yang lebay, norak, dan  sangat Indonesia, akan dapat mengocok perut reader.

  • Membaca FF karya author lain.

Dengan membaca FF karya author lain, maka kita kan mengetahui cerita apa saja yang sudah diambil. Sehingga kita tidak akan mengambilnya sebagai tema cerita kita agar kita terbebas dari kasus plagiat. Selain itu, membaca FF author lain dapat digunakan sebagai tolak ukur sejauh mana Ff kita sudah berkembang.

  • Mendengarkan curahan hati teman/ bersosialisasi.

Percaya atau tidak, curhat teman dapat kita gunakan sebagai ide cerita FF sedih, romance, tragedy.

 

 

Jika kalian sudah stuck ditengah-tengah cerita, jangan terlalu memaksakan diri. Dibawah ini tips dari Kim Jong Gey untuk merefreshkan kembali otak kita:

  • Mencuci piring atau baju.
  • Mandi.
  • Bermain dengan Bayi atau balita.
  • Pergi kemini market terdekat untuk membeli cemilan.
  • Pergi memandangi pemandangan sekitar kebun rumah atau kebun tetangga. Atau sekedar diam diteras rumah dan menghitung setiap kendaraan yang lewat.
  • Facial.

 

 

NB: pergi ke Mall, berekreasi bersama keluarga atau teman, hangout bareng teman, dan menonton tivi. Kegiatan tersebut akan menyegarkan otak kita tapi tidak akan memberikan ide pada otak kita yang sedang stuck. Kita bukan sedang mencari ide baru, melainkan mencari ide untuk meneruskan ide kita yang lama. Jika kita melakukan hal diatas maka ide baru akan bermunculan sehingga membuat kita malas untuk meneruskan cerita kita yang stuck.

 

Semoga tips-tips diatas dapat membantu cingu semua yang baru debut menjadi author..

Annyeong!!!! ^^

FIGHTING!!

17 responses to “A little tips from Blinggey

  1. Aq uda coba buat tp pas mw edit ulang miss typo’y malah jd edit semua.😦
    setiap kali mw post malah gak jd terus, eon.
    Bimbang. TT
    gmn dong klo kyk gt???

  2. Annyeong Ggey unnie… *sksd ditendang
    Iseng2 main kesini, o iya, joneun nanda imnida 94line. Istri sahnya Taemin😄
    Menantunya Hanakimchi umma.. wkwkwk

    Aku tuh paling susah buat ngasih judul unn, #curcol
    Oke deh, besok2 aku bikin judul yang membuat readers penasaran XP

    Woah,,, itu tips2nya patut untuk dipraktekan…
    Tapi ada yang mengganjal, cuci baju & cuci piring ? ahahaha Saya ngga suka melakukan kedua hal itu # pletakk

  3. tips nya ngebantu banget eonn😀
    lagi stuck banget nih sm ff series😦 kehabisan ide, gatau mau lanjut gimana,mood nya ilang😦

  4. Menulis FF sama dengan menulis skripsi /eeaaa/
    Butuh kekuatan dari dalem diri bahwa ‘aku harus nulis’. Tapi bedanya kalo skripsi mah menyangkut hidup dan matinya seseorang untuk llus *lebay

    Aku pernah baca di suatu blog, penulis itu biasanya menulis berawal dari hobi. Tapi ketika hobi itu semakin lama menjadi candu, maka biasanya para penulis merasa frustasi karena nggak bisa bikin cerita seusai yang diinginkannya. Dan akhirnya malah stress.

    Yang perlu diperhatiin disini adalah, hey come on, kita kan nulis karena hobi awalnya kenapa harus dibawa susah sampe stress segala?

    Makanya, perlu itu untuk melakukan poin2 terakhir di postingan atas biar fresh dan ga stress lagi ^^

    Buat semua penulis, hwaiting!!! ^^

  5. baru dua bulan nulis ff? wp nya rame banget gini.. huaa..standing applaud.
    aku juga nulis sih, tapi lebih ke personal aja. nulis itu lebih kayak curhat ato sekedar ‘masuk’ dunia lain buat ngilangin stres..meskipun cuma personal,tapi stuck di tengah2 cerita ato kendala2 di atas tadi juga terjadi..
    nulis itu butuh kreatifitas. setuju banget!! thx for the solutions.. :))

  6. wahh… guna banget tipsnya😄
    bakal coba dipraktekin ah ntar XDD
    pas banget sama otak saya yang sering banget stuck ditengah cerita XDD
    gomawo~ *bow* *kibar kolor tetem*

  7. setelah baca ini jadi kepengen kembali nulis lagi, setelah vakum karena disibukan tugas TA, dan sekarang deadline report di kantor. hehehe.

    I am gonna try again.

    Thnks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s