Fanfiction is..

Fanfiction atau biasa disebut FF adalah sebuah cerita atau karangan yang ditulis oleh seorang fans/penggemar tentang idolanya. Jalan cerita atau isi cerita dapat berupa hayalan fans tentang dirinya dan sang idola, juga dapat berupa sebuah kejadian tentang idolanya dengan idola lainnya. Pada saat ini, FF tentang fans dan idolanya sudah banyak ditinggalkan para author (orang yang menulis FF). Para author kini lebih menitik beratkan pada isi cerita yang menarik seperti mengibaratkan sang idola adalah actor dalam film yang dibuat sang author, maka terkadang terjadi perubahan sedikit karakter pada sang idola.

 

Para author akan mempostkan FFnya di WP, blog, dan Facebook mereka. Banyak author yang bahkan mengedit gambar idolanya agar sesuai dengan cerita FFnya. Gambar tersebut akan dijadikan poster promosi FFnya untuk menarik perhatian reader yang sedang berkeliaran memburu FF.

 

FF dapat dibagi menjadi dua yaitu oneshot (ceritanya langsung tamat) dan sequel (ceritanya bersambung seperti sinetron, tapi bukan kaya sinetron Indonesia yang gak tamat-tamat..).

 

Jenis FF dapat terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • FF YAOI, yaitu FF yang menceritakan kisah cinta antara idola namja dengan idola namja lainnya. Bukan berarti mereka gay. Hanya saja di dunia YAOI ketentuannya hubungan sesama namja bukanlah hal yang tabu, tetapi bukan berarti juga namja dan yeoja adalah hubungan yang dilarang di dunia YAOI. Yah.. bisa dibilang di dunia YAOI tidak ada perbedaan gender..
  • FF YURI, sama seperti FF YAOI, hanya saja FF YURI diperankan oleh sesama yeoja (bahasa kasarnya lesbi lah..).
  • FF SHOUNEN AI, hampir mirip dengan YAOI. Dalam FF ini sesama namja akan dipasangkan. Hanya saja salah satu namjanya akan diubah menjadi yeoja (bukan berarti jadi banci). Dengan begitu para reader (pembaca) tidak akan merasa risih saat idolanya dipasangankan dengan sesama jenis, karena dalam pikiran mereka pasangannya tetap saja yeoja.
  • FF NC, ehem..FF ini tidak layak dibaca oleh reader dibawah umur.. 17 tahun keataslah.. biasanya tidak dipublish secara full story, karena akan melewati tahap sensor atau SKIP, atau bahkan ridak dipublish secara full sama sekali, dan authornya lebih menyeleksi readernya dengan memproteksi FFnya dan membutuhkan password yang hanya diketahui oleh authornya dan reader yang sudah lulus seleksi.
  • FF NC YAOI, hmmm..tau lah..gabungan antara FF NC dan YAOI. Cerita 17 tahun keatas yang diperankan oleh sesama namja.
  • FF NC YURI, Cerita 17 tahun keatas yang diperankan oleh sesama yeoja.

 

Genre FF dapat terbagi menjadi beberapa jenis genre, antara lain:

  • Komedi, FF yang bikin ngakak.
  • Romance/romantis, kisah percintaan yang dapat membuat readernya melayang (lebay..).
  • Sadness/sedih, dapat berupa kisah percintaan, persahabatan, atau hubungan dengan keluarga yang menyayat hati (biasanya ada adegan matinya).
  • Misteri, seperti cerita detektif atau pembunuhan, atau juga cerita hantu.
  • Fiction, cerita pada FF ini berarti benar-benar jauh dari kenyataan. Seperti cerita yang mengadaptasi dari film avatar, superman, dll.

 

Rating FF pun terbagi menjadi beberapa batasan, hal ini dilakukan agar para reader tahu mana yang dapat dibaca dan mana yang belum boleh dibaca.

  • General, atau biasa disingkat G saja. Itu berarti dapat dibaca oleh semua umur dan kalangan.
  • PG 13, FF ini dapat dibaca apabila umur reader minimal 13 tahun. Dikarenakan jalan ceritanya sedikit rumit dan terdapat beberapa adegan yang sudah dipahami oleh reader berumur 13 tahun keatas (kaya peluk dan cium gitu lah..).
  • PG 15, jika menemukan tanda ini, berarti usia reader minimal 15 tahun.
  • NC, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, FF ini sangat berbahaya. Hanya dapat dibaca oleh reader 17 tahun keatas. Sebenarnya juga ada NC 21, atau FF NC yang benar-benar hanya boleh dibaca oleh reader 21 tahun keatas.

 

Ada beberapa hal yang juga perlu diketahui. Misalnya jika menemukan kata RCL atau SR.

  • RCL adalah singkatan dari Read (baca) Comment (komentar) Like (suka). RCL adalah tahapan yang wajib dilakukan oleh para reader. Jika reader sudah menemukan sebuah FF dan membacanya, maka dia harus memberikan komentar setelah selesai menbaca. Baik itu komentar mengkritik, memuji, dan memberi masukan. Setiap komentar dari reader menunjukan berapa banyak reader yang telah membaca FF sang author. Jika tidak ada komentar maka author akan kehilangan semangat menulis FF karena merasa tidak ada yang tertarik dan membaca FFnya. Selain itu, komentar juga digunakan sebagai tolak ukur sejauh mana FFnya sudah berkembang. Setelah mengomentar, apabila reader menyukainya maka diwajibkan untuk like (kasih jempol).
  • SR atau kependekan dari Silent Reader. SR adalah hal yang paling dibenci oleh para author. Karena SR tidak akan meninggalkan jejak sama sekali dan kabur begitu saja setelah membaca FF. Entah apapun alasannya SR tetap saja menyakiti hati author (T.T). Mereka tidak menghargai dan tidak mau bertanggung jawab. Jadi saya berharap agar anda para reader, janganlah kalian menjadi SILENT READER!!

 

Artikel ini saya buat berdasarkan hasil pemikiran saya selama beberapa bulan di dunia FF. beberapa info saya dapat dan tanyakan pada author lain yang sudah lebih berpengalaman di dunia perFFan. Jadi, apabila ada kesalahan arti dan merasa ada yang kurang atau bahkan berlebihan pada artikel ini, saya harap untuk isi kolom komentar. Heheheh..saya akan memperbaikinya..

 

—> untuk lebih lengkapnya klik ini <—-

6 responses to “Fanfiction is..

  1. huehehehee…
    ka gey udah MANTEP bgt nih di dunia per-ff-an😀
    sampe ngupas dalem bgt (???) yg ada di dunia per-ff-an, hehe..

    FIGHTING KA GEY!!!
    aku kan selalu mendukung karya2muuuu :*

  2. Annyeong… Reader baru.. hehe

    oke oke kaka, sekarang aku udah paham(?) tentang dunia per-FF-an.

    izin cari ff jinboon ka. choow… heee

  3. Kenapa bisa ada kategori YAOI dan YURI di dunia perFFan?
    Gak khawatir sebagian readers bakal berfikir idola mereka bakal beneran begitu? Aku sendiri masih tergolong readers yang risih baca genre YAOI, gimana, ya… ngerasa gak rela aja, bias ku, Jinki dan adik2 ku di SHINee (krn memang sisa mrk berempat lebih muda dariku) *ketahuan udah tua… meranin penyuka sesama jenis di FF yang memakai nama mereka sebagai karakternya…
    Maaf, ya… itu sih pemikiranku… peace ^^v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s